METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF

sScan10079

 

Tuhan Yang Maha Kuasa telah mengaruniakan hikmat dan pengetahuan kepada manusia, sebagaimana dikemukakan oleh Nabi Sulaiman. Dengan berbekal hikmat dan pengetahuan itulah manusia berpikir dan berpikir, karena manusia pada umumnya tidak pernah puas dan selalu berupaya untuk peroleh yang lebih baik dari apa yang sudah diperoleh. Dalam kondisi seperti itulah manusia melakukan berbagai tindakan ilmiah yang diawali dari pengidentifikasian berbagai masalah yang dihadapi, lalu masalah tersebut ingin diselesaikan. Itulah hakikat dari penelitian.

Melakukan penelitian sebagaimana dikemukakan tidaklah mudah, bahkan dalam pengalaman penulis membimbing mahasiswa sarjana, magister bahkan doktor sekalipun banyak yang kesulitan menyelesaikan studinya karena kesulitan melakukan penelitian untuk tugas akhir yang dibebankan pihak kampus. Terdorong dari kondisi seperti itulah penulis terbeban menulis buku sederhana ini untuk dapat memberikan panduan untuk melakukan penelitian, khususnya penelitian kuantitatif.

Bukunya ini secara garis besar terbagi dalam tiga bagian yaitu hakikat penelitian, proses penelitian dan pelaporan penelitian. Hakikat penelitian diawali dengna penyajian konsep dasar penelitian, yang menjelaskan apa, bagaimana dan untuk apa dan bagaimana prosedur penelitian dilaksanakan. Bagian ini juga menjelaskan pentingnya pemahaman berbagai teoretik yang akan menghantarkan peneliti memahami secara konsepsional permasalahan yang dihadapi.

Selanjutnya, peneliti akan merancang penelitian yang diawali dengan penelaahan berbagai variabel yang akan diteliti, pengajuan rumusan masalah dan hipotesis penelitian. Didasarkan atas variabel penelitian, masalah dan hipotesis peneliti dapat memilih pendekatan penelitian yang akan dilakukan, menentukan populasi dan sampel penelitian, penyusunan instrumen atau kuesioner serta ujicoba instrumen tersebut, persiapan pengumpulan data di lapangan, analisis data dan pembahasan hasil penelitian.

Bagian terakhir adalah pelaporan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan dengan baik dan benar tidaklah berarti jika tidak dilaporkan dengan sistematis. Oleh karenanya buku ini ditutup dengan penyusunan laporan penelitian.

Penulis berterima kasih untuk semua pihak yang telah membantu penulis dalam penulisan buku ini sehingga dapat menyelesaikan dan menghadirkannya kehadapan para pembaca, khususnya rekan-rekan mahasiswa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Akhirnya, penulis berharap karya sederhana ini bermanfaat.

 

Penulis :

Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela, M.M., M.Pd.

ISBN: 978-602-262-240-6

Penerbit :

Graha Ilmu

Ruko Jambusari 7A

Yogyakarta

Tahun Terbit 2014

Leave a Comment