Strategi Capaian

Strategi Capaian Penelitian -

  1. Merumuskan Rencana Induk Penelitian Universitas Nasional (RIP UNAS Tahun 2020-2040), Rencana Strategis Penelitian Universitas Nasional Tahun 2021-2025 (Renstra UNAS Tahun 2021-2025), Rencana Operasional (Renop) Universitas Nasional Tahun 2015 sebagai panduan arah pembinaan dan pengembangan penelitian di Universitas Nasional.
  2. Meningkatkan kompetensi dosen melalui pelatihan dan pembinaan dalam berbagai kegiatan terkait penelitian.
  3. Membangun rekam jejak (track record) dan kompetensi inti (core competency) dosen peneliti dengan karya-karya penelitian yang dilakukan secara konsisten pada bidang-bidang keilmuan yang ditekuninya.
  4. Menguatkan peran, fungsi, dan kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Pusat-pusat Studi sebagai pilar utama dalam pengembangan fungsi penelitian sebagai salah satu tonggak Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mendorong kerjasama penelitian antar lembaga terkait, lembaga pemerintah maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Mendorong lahirnya luaran penelitian yang bermutu, berdaya saing, dan berdampak tinggi di tingkat nasional dan internasional.
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, baik di jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi.
  8. Mendorong dihasilkannya produk inovasi dan pengembangannya untuk kesejahteraan masyarakat.
  9. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk memperoleh HAKI baik nasional maupun internasional.
  10. Memberikan penghargaan antara lain dalam bentuk bantuan dana, insentif, Satuan Kredit Semester (SKS), dan bentuk-bentuk penghargaan lain yang layak atas karya penelitian, publikasi ilmiah dan ilmiah populer, HAKI, serta karya-karya ilmiah lainnya.
  11. Memberikan penghargaan publikasi terbaik (The Best Publication of the Year) dan peneliti paling produktif (The Most Productive Researchers of the Year).
  12. Optimalisasi pemanfaatan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nasional (SIPPM UNAS) sebagai sarana pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pangkalan data (database) hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Nasional yang dapat diakses secara online oleh seluruh sivitas akademika Universitas Nasional maupun masyarakat luas.
  13. Mendorong pengisian dan pemutakhiran data peneliti dan hasil penelitian di akun Google Scholar, Sinta, Publon, Garuda, ResearchGate secara mandiri oleh seluruh dosen Universitas Nasional.
  14. Mendorong peningkatan sitasi dosen peneliti Universitas Nasional.
  15. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian.
  16. Meningkatkan iklim penelitian yang kondusif, kompetitif, progresif dan inovatif berlandaskan kejujuran, keadilan dan keterbukaan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di lingkungan Universitas Nasional.
  17. Membangun atmosfir akademik dimana kegiatan penelitian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pendidikan dan pengajaran sebagai tugas pokok seorang dosen yang wajib dipenuhi.

Strategi Capaian Pengabdian Masyarakat -

  1. Merumuskan Kebijakan Peningkatan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Universitas Nasional sebagai panduan arah pembinaan dan pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Nasional;
  2. Meningkatkan kompetensi dosen melalui pelatihan dan pembinaan dalam berbagai kegiatan terkait pengabdian kepada masyarakat;
  3. Menguatkan peran, fungsi dan kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Pusat-pusat Studi sebagai pilar utama dalam pengembangan fungsi pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu tonggak Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  4. Mendorong kerja sama kegiatan pengabdian kepada masyarakat antar lembaga terkait, lembaga pemerintah maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri;
  5. Memberikan stimulan dan penghargaan antara lain dalam bentuk bantuan dana, insentif, satuan kredit semester (sks), dan bentuk-bentuk stimulan dan penghargaan lain yang layak atas karya pengabdian kepada masyarakat;
  6. Membangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nasional (SIPPM UNAS) yang antara lain memuat pangkalan data (database) tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Nasional dan dapat diakses secara online oleh seluruh sivitas akademika Universitas Nasional maupun masyarakat luas;
  7. Mendorong pengisian dan pemutakhiran data kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara mandiri oleh seluruh dosen Universitas Nasional di laman Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nasional (SIPPM UNAS);
  8. Membangun atmosfir akademik dimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pengajaran sebagai tugas pokok seorang dosen yang wajib dipenuhi.
ArabicEnglishFrenchIndonesianSpanish