International Conference – Awal Kerjasama Penelitian Unas dan Flinders Univesity

para peneliti baik dari Unas dan Flinders mengemukakan masalah yang sama tentang sistem juga kebijakan pemerintah mengenai masalah-masalah sosial.
Jakarta [UNAS] – Permasalahan masyarakat sekarang ini sudah sering dibahas dan diatasi oleh system pemerintahan, tetapi keterlibatan masyarakat juga sangat penting dalam berjalannya suatu sistem. Dalam International Conference 2015 (21/4) yang diadakan di Universitas Nasional (Unas) dan berkerjasama dengan Flinders University para peneliti baik dari Unas dan Flinders mengemukakan masalah yang sama tentang sistem juga kebijakan pemerintah mengenai masalah-masalah sosial. Masalah-masalah sosial yang banyak dihadapi masyarakat menengah kebawah di kota dan pedesaan.

Acara konferensi international ini dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Nasional Prof. Dr. Maswadi Rauf, MA. Untuk membuka konferensi topik pertama yang dibahas adalah pembangunan sistem pemerintah dan keterlibatan masyarakat mengenai makanan, urbanisasi, gender, keamanan masyarakat oleh Assc. Prof. Janet Mclntye-Mills Flinders University.

Selain itu dosen-dosen dari Unas juga mempresentasikan hasil penelitiannya diantaranya, Truly Wangsalegawa, M.A, M.Ed, PhD, Dr. Aris Munandar, M.Si, dan Novieta Hardeani Sari, ST, M.Si. Topik kedua yang dibahas dalam konferensi ini mengenai desentralisasi lokal di Indonesia yang dibahas oleh Dr. TB Massa Djafar dan beberapa dosen yang juga mempresentasikan hasil penelitiannya; Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, Dr. I Made Adnyana, SE, M.M, dan Dr. Diana Fawzia, M.A.

Menurut Dra. M.A. Inez Sapteno dengan diadakannya konferensi internasional ini merupakan awal kerjasama Universitas Nasional dengan Flinders University Australia. Selain itu dalam konferensi ini juga diadakan konsorsium yang merupakan awal dari diadakannya rencana penelitian bersama mengenai isu-isu sosial yang telah dibahas di konferensi. Nantinya beberapa institusi selain Unas dan Flinders akan ikut merencanakan penelitian bersama dalam waktu dekat.

Leave a Comment